Apa Itu Asisten Virtual?

Apa Itu Asisten Virtual?

Asisten virtual adalah kontraktor independen yang memberikan layanan administratif kepada klien saat beroperasi di luar kantor klien.

Asisten virtual biasanya beroperasi dari kantor pusat tetapi dapat mengakses dokumen perencanaan yang diperlukan, seperti kalender bersama, dari jarak jauh.

Orang yang dipekerjakan sebagai asisten virtual sering kali memiliki pengalaman beberapa tahun sebagai asisten administrasi atau manajer kantor.

Peluang baru terbuka untuk asisten virtual yang terampil di media sosial, manajemen konten, penulisan posting blog, desain grafis, dan pemasaran Internet.

Karena bekerja dari rumah menjadi lebih diterima baik oleh pekerja maupun pemberi kerja, permintaan akan asisten virtual yang terampil diharapkan akan meningkat, lanjut membaca dibawah ini untuk penjelasan detail dan lengkap mengenai asisten virtual.

Cara Kerja Asisten Virtual

Asisten virtual menjadi lebih menonjol karena bisnis kecil dan pemula mengandalkan kantor virtual untuk menekan biaya dan bisnis dari semua ukuran meningkatkan penggunaan Internet mereka untuk operasi sehari-hari.

Karena asisten virtual adalah kontraktor independen, bisnis tidak harus memberikan tunjangan yang sama atau membayar pajak yang sama seperti yang diberikan kepada karyawan penuh waktu.

Selain itu, karena asisten virtual bekerja di luar kantor, tidak diperlukan meja atau ruang kerja lain di kantor perusahaan.

Seorang asisten virtual diharapkan membayar dan menyediakan peralatan komputer mereka sendiri, program perangkat lunak yang biasa digunakan, dan layanan Internet berkecepatan tinggi.

Tugas Asisten Virtual

Tugas khusus asisten virtual berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan klien dan ketentuan kontrak.

Beberapa asisten virtual menangani tugas administrasi dan pembukuan, sementara yang lain mungkin memposting pembaruan rutin ke media sosial atau menulis artikel untuk blog.

Asisten virtual yang berpengetahuan luas juga dapat menangani pengaturan perjalanan, penjadwalan janji, entri data, dan penyimpanan file online.

Kualifikasi Asisten Virtual

Kualifikasi Asisten Virtual

Meskipun tidak ada persyaratan pendidikan yang sulit dan cepat untuk menjadi asisten virtual, banyak klien akan mencari asisten virtual yang memiliki pendidikan tingkat tinggi atau pelatihan khusus.

Beberapa perusahaan online dan community college menawarkan kursus dan sertifikasi untuk keterampilan asisten virtual.

Seorang asisten virtual harus paham teknologi, memiliki berbagai keterampilan komputer dan tingkat kemahiran tinggi dengan perangkat lunak dan program bisnis yang umum digunakan.

Seorang asisten virtual yang berspesialisasi dalam pembukuan harus mahir dalam tugas-tugas akuntansi dasar, seperti rekonsiliasi akun dan pembukuan entri ganda .

Manfaat Asisten Virtual

Untuk klien, satu keuntungan menyewa asisten virtual adalah fleksibilitas untuk mengontrak hanya untuk layanan yang mereka butuhkan.

Bergantung pada ketentuan perjanjian, beberapa asisten virtual mungkin dibayar berdasarkan tugas, bukan per jam.

Sebaliknya, karyawan dalam pengaturan kantor tradisional biasanya harus dibayar untuk jumlah jam tetap per hari.

Untuk pemilik bisnis kecil, menyewa asisten virtual dapat membantu mereka meluangkan waktu untuk fokus mengembangkan bisnis dan menghasilkan pendapatan.

Akan lebih mudah dan hemat biaya untuk melakukan outsourcing tugas – tugas yang membosankan dan memakan waktu kepada seseorang yang ahli dalam hal itu.

Cara Menyewa Asisten Virtual

Dengan meningkatnya jumlah kontraktor lepas yang bekerja dari rumah, pasar kerja telah melihat perkembangan perusahaan berbasis Web yang berfungsi sebagai perantara antara calon pemberi kerja dan kontraktor.

Beberapa situs freelancer memiliki kumpulan pekerjaan yang sangat besar yang terdiri dari individu di seluruh dunia dengan berbagai pengalaman dan keahlian.

Di situs ini, klien dapat memposting detail tentang jenis tugas yang mereka perlukan untuk dilakukan oleh asisten virtual dan tarif maksimum yang bersedia mereka bayarkan.

Pekerja lepas kemudian dapat menawar pekerjaan tersebut dan memberikan contoh pekerjaan kepada klien untuk ditinjau.

Dalam beberapa kasus, klien dapat mengatur konferensi video untuk mewawancarai pelamar dan menilai kualifikasi mereka secara lebih menyeluruh.

Pertimbangan Khusus

Sebelum menyewa asisten virtual, klien dapat memastikan hubungan kerja yang lebih lancar dengan membuat instruksi terperinci tentang tugas yang harus mereka lakukan.

Manual tertulis mengurangi risiko kesalahpahaman yang dapat terjadi dalam hubungan kerja jarak jauh.

Lihat juga laporan Mengevaluasi 5 Top Perusahaan Asisten Virtual Tahun 2020.